Link Alternatif Cek SKTP Terbaru di Laman Info GTK Kemdikbud

Artikel terkait : Link Alternatif Cek SKTP Terbaru di Laman Info GTK Kemdikbud

Cek SKTP Terbaru di Laman Info GTK Kemdikbud - Inilah cara mengetahui SKTP yang sudah terbit melalui laman resmi Info GTK Kemdikbud. Mungkin tak hanya anda yang lagi pusing karena SKTP semester 2 2016 sampai sekarang belum terbit atau mungkin tidak ada kejelasan sama sekali. Nasib yang saya alami pun sama saja. Hari ini tadi coba cek ke operator Dinas eh malah dapat jawaban yang kurang memuaskan, malah disuruh cek aja sendiri..oaalaaaahhh!!. Akhirnya saya pun coba cek lagi SKTP di Info GTK melalui link http://info.gtk.kemdikbud.go.id/. Setelah login dengan cara biasa, menggunakan NUPTK dan tanggal lahir, akhirnya muncul laman informasi Validasi Data Guru seperti yang biasa kita lihat kalau mengakses melalui link http://223.27.144.195:8084/. Namun setelah ditelusuri sampai kebawah, pada kolom Tunjangan Guru datanya masih kosong, padahal status data saya sudah valid semua. Lalu bagaimana trik saya untuk mengetahui dan memastikan apakah SKTP saya sudah terbit atau belum ? Simak lebih lanjut dibawah ini.

Laman Info GTK Kemdikbud

Nah bapak ibu guru sekalian, berdasarkan pengalaman yang baru saja saya coba, ternyata ada 3 trik yang bisa kita lakukan untuk mengetahui secara pasti apakah SKTP kita sudah terbit atau belum. Namun dengan catatan bahwa data yang di entri melalui dapodik sudah sepenuhnya VALID, artinya tidak ada lagi keterangan bermasalah atau tanda merah di laman info gtk ini. Simak panduan lengkap dengan gambar screenshot dibawah ini untuk mengecek status SKTP anda.

Cara Pertama:
1. Setelah login di laman info gtk di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ perhatikan tombol Cek Kuncian Rombel dan Tugas Tambahan yang berada dibawah kolom Data Individu Berdasarkan Dapodik.

Cara Cek Kuncian Rombel

2. Klik tombol tersebut dan tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan laman baru dilayar jika ada rombel yang dikunci. Perhatikan disebelah kiri kolom Nomor akan ada simbol kunci/gembok warna merah, geser layar ke kanan dan lihat pada kolom Keterangan. Disitu akan ada tulisan “Dikunci karena sudah terbit tunjangan profesi”.

Kunci Rombel

3. Nah kalau sudah muncul keterangan seperti diatas maka sudah bisa dipastikan bahwa SKTP sudah terbit, tinggal bersabar saja sampai data nomor SK dan sebagainya muncul pada kolom Tunjangan Guru dilaman Info GTK ini.

Cara Kedua:
1. Jika anda sudah mencoba cara pertama dan tidak memunculkan hasil apapun atau tidak ada keterangan yang dimunculkan maka coba langkah kedua ini.

2. Setelah login di laman info gtk di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ perhatikan tombol Tampilkan Rombel yang berada dibawah kolom Rombongan Belajar. Klik tombol tersebut.

Tampilkan Rombel

3. Selanjutnya akan terlihat tampilan seperti dibawah ini. Perhatikan pada kolom Status Rombel ada tombol berwarna merah di bagian Rombel Paralel. Klik tombol merah tersebut dan tunggu beberapa saat sampai muncul laman baru. (Buka gambar di tab baru jika kurang jelas)

Rombel Paralel

4. Berikutnya akan muncul laman Cek Rombel Paralel seperti dibawah ini. Perhatikan pada kolom Keterangan sebelah kanan akan ada tulisan “Rombel sudah dikunci”. Kemudian dibagian bawah akan muncul Keterangan Tambahan yang isinya penjelasan bahwa rombel dikunci karena ada guru yang sudah mendapatkan SKTP/SKTF berikut daftar nama guru beserta nomor NUPTK-nya.

Cek Rombel Paralel

5. Data seperti diatas bisa muncul karena semua guru yang berada pada rombel yang sama dengan saya datanya sudah valid. Kalau ada yang belum valid silahkan dicoba saja sendiri he he..

Cara Ketiga:
1. Jika anda sudah berhasil membuka laman Cek Rombel Paralel (langkah ke-4 Cara Kedua), maka dibagian bawah anda akan melihat tulisan "Untuk mengetahui guru yang sudah terkunci karena sudah terbit SKTP/SKTF cek pada detail rombel".

Tampilkan Rombel-4


2. Berarti masih ada cara lain untuk mengetahui status SKTP sudah terbit ini yaitu dengan cara mengklik tombol panah kecil pada sisi kiri kolom Rombongan Belajar untuk mengetahui detail rombel.

Tampilkan Rombel-5

3. Kemudian anda akan melihat tampilan detail rombel, dimana terlihat nama-nama guru yang statusnya sudah dikunci akan terlihat dengan simbol kunci/gembok warna merah serta pada kolom Keterangan disebelah kanan tercantum tulisan "Dikunci karena sudah terbit tunjangan...".

Tampilkan Rombel-6

4. Pada gambar diatas juga terlihat bahwa nama guru yang belum dikunci (terbit SKTP) penyebabnya adalah belum linier dibagian kolom mapel. Nah sudah jelas kan trik untuk mengecek SKTP sudah terbit ? Selanjutnya silahkan anda praktekkan sendiri.

Demikian bapak ibu guru sekalian, informasi terbaru yang bisa saya bagikan tentang Cara Cek SKTP 2016 di Laman Info GTK Kemdikbud. Silahkan di-share artikel ini ke teman-teman anda jika memang ada manfaatnya. Terimakasih.

Artikel Informasi Guru Terkini Lainnya :

24 komentar:

  1. saya guru sma kab. kampar, provinsi riau, guru BK semua data valid bagaimana cara cek sktp nya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba aja cara diatas bu Hayati, untuk jenjang PAUD, Dikdas atau Dikmen cara pengecekan di laman Info GTK Kemdikbud ini sama saja seperti cara yang saya lakukan diatas.

      Hapus
  2. Maaf Bu Tri, saya mau tanya bolehkan....? sy cek info PTK nya semua sudah valid,tp SKTP 2016 nya sampai saat ini belum keluar. apa penyababnya bu.....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama pak punya saya juga belum. Kalau saya cek lewat rombel paralelnya sudah bisa dipastikan memang SK saya terbit, tapi sampai sekarang di kolom Tunjangan Profesi belum bisa diklik dan tidak muncul data apa-apa. Itu data hasil sinkronisasi terakhir tgl 29 Februari 2016 kemarin. Menurut operator dinas, penyebabnya mungkin karena aplikasi dapodik 303 belum terintegrasi sepenuhnya dengan server GTK dan UKG, sehingga sinkronisasi data seringkali gagal atau nyangkut kemana he he. Bersabar ya pak, kita tunggu saja sampai akhir bulan ini mudah2an SKnya sudah tayang di Info GTK ini.

      Hapus
  3. MANTAAAPPPP,,,,!!!
    TERIMA KASIH INFONYA,,,,!!!
    TERUS KALAU SUDAH BEGINI, SIAPA SEKARANG YG BERWENANG MENERBITKAN, PUSAT ATW PEMDA SETEMPAT?

    BalasHapus
  4. selamat siang bu Lestari, Nama saya I ketut Cukup Indrawan, Kepsek SDN 8 Songan, kabupaten Bangli, Bali, SKTP saya belum keluar sampai saat ini, setelah saya cek datanya lewat cek sktp, semuanya sudah valid, apa ya kira2 penyebabnya shg belm keluar SKnya? dan bagaimana cara menanmpilkan data SKTP yg sudah Siap SK,Siap diusulkan, tidak valid Dll, di masing2 kabupaten? mohon jawabannnya, dan kalau bisa di tampilkan data perkabupatennya mohon di krim lewat Emal. ini email saya : indra.serongga@gmail.com terimakasih.

    BalasHapus
  5. ngecek SKTP susah bu..ya..padahal dah valid

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar bu Siti, punya saya juga valid di info GTK tapi data tunjangan profesinya masih nihil. Info pastinya mending tanyakan langsung ke operator Disdik di tempat bu Siti.

      Hapus
  6. Thank's info'a bu, mau tanya saya kasek smk pertanian, sertifikat sergur jrs listrik, sy ngambil 6 jjm dr smk lain yg relevan,apakah di akui jjm listrik d sklh lain itu y bu

    BalasHapus
  7. Thank's info'a bu, mau tanya saya kasek smk pertanian, sertifikat sergur jrs listrik, sy ngambil 6 jjm dr smk lain yg relevan,apakah di akui jjm listrik d sklh lain itu y bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya semestinya diakui pak, sepanjang bidang studi yang jam tambahan di sekolah lain itu sesuai dengan sertifikasi bapak.

      Hapus
  8. Bu.. data saya semua sudah valid...
    Hanya saja sampai saat ini di i fi GTK status rekening blom ada...

    BalasHapus
  9. Puji Tuhan SK Sy sudah terbit Bu Tri, Trimakasih pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah selamat ya pak Made, akhirnya penantian ngga sia-sia tuh :D Kalo masih banyak lebihnya boleh dikirim pak he he

      Hapus
  10. assalamualaikum ibu tri saya pak saiton mohon pencerahannya sk saya sudah keluar namun dana tunjangannya belum keluar tanggal validasi dapodik saya 21 april 2016 apa saya termasuk penerima tw1 atau tw2 trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap triwulan 1 pak Saiton. Dulu kan infonya update dapodik untuk penerima tunjangan dibatasi sampai 29 Feb 2016 kemarin. Nah berdasarkan info terakhir dari Kemdikbud bahwa batas validasi akhir penerima tunjangan dimundurkan menjadi 31 Mei 2016. Sk saya juga keluarnya minggu pertama April dan alhamdulillah sama pak dananya juga belum cair he he. Saat ini masih ngurus kelengkapan berkas yang diminta oleh Dinas untuk proses pencairan. Bersabar ya pak, insyaallah nanti dananya keluar juga koq :D

      Hapus
    2. TRIMAKASIH IBU TRI ATAS PENCERAHANNYA

      Hapus
    3. KALAU ADA KESALAHAN MISAL NYA NO. REKENING ITU KITA LIHAT DIMANA IBU TRI

      Hapus
  11. Mohon pencerahan penyebaba data kelulusan serifikasi di nonaktifkan dan bagaimana solusinya

    BalasHapus
  12. data sdh valid tetapi status data kelulusan sertifikasi pendidik padanomor peserta sertifikasi,nrg,nama sekolah bukan punya saya.padahal waktu pengisian data punya saya sendiri kenapa bisa begitu?sudah dibetulkan dan sdh singkron hasilnya masih blm berubah,tolong bgmn solusinya.mksh

    BalasHapus
  13. bagaimana kalau no.rekening centang merah bu saya sudah valid rombel sudah terkunci

    BalasHapus
  14. Cara yg kedua sdh dilakukan dg mengecek status rombel yg berwarna merah tp ternyata tdk ada data yg ditampilkan. Itu bagaimana ya?

    BalasHapus
  15. mengapa sampai hari ini tunjangan sertifikasi belum juga keluar

    BalasHapus

Copyright © 2013-2016 Informasi Guru Terkini | Google