Jadwal Pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) 2015

Artikel terkait : Jadwal Pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) 2015

Jadwal Pencairan Tunjangan Profesi Guru 2015 - Akhirnya harapan guru-guru untuk bisa menerima tunjangan profesi guru (TPG) triwulan 1 (Januari-Maret) pada bulan Mei 2015 ini terwujud juga. Beberapa hari lalu tepatnya 6 Mei 2015, di Tapanuli Selatan Sumatera Utara sejumlah 1.047 guru telah menerima dana tunjangan profesi dengan total nilai Rp.11,2 milyar. Seperti dilansir oleh beberapa media sebelumnya bahwa pencairan dana tunjangan profesi guru ini di plot oleh Kemdikbud paling lambat sebelum 30 April 2015. Namun pada kenyataannya sampai dengan Mei 2015 ini baru beberapa daerah yang sudah menyalurkan dana tunjangan profesi guru. Pencairan TPG untuk guru PNS daerah ini sejak awal diprediksi akan mengalami banyak keterlambatan mengingat dana dari Pusat mengendap dulu di rekening kas daerah masing-masing, hitung-hitung biar dapat bunga dulu kali ya…he he.   

Jadwal Pencairan Tunjangan Profesi Guru 2015


Total anggaran untuk pembayaran TPG tahun 2015 ini mencapai Rp 66,4 triliun. Anggaran itu dicairkan dalam empat tahap (triwulan). Masing-masing sekitar Rp 16,5 triliun. Khusus untuk pencairan triwulan pertama, Kemendikbud memastikan dana Rp 16 triliun sudah masuk ke kas pemda. Mengutip dari JPNN.com, Direktur P2TK Dikdas Kemendikbud Sumarna Surapranata menyatakan, total guru PNS daerah yang mendapat TPG mencapai 990.482 orang. Tetapi, yang sudah mengantongi SK pencairan tunjangan baru 775.376 guru (78 persen). ’’Kami belum tahu apakah sudah dicairkan atau belum,’ kata Sumarna.

Dia menuturkan, pencairan TPG untuk guru non-PNS jauh lebih cepat. Sebab, mekanismenya, uang TPG dicairkan langsung dari Kemendikbud ke rekening guru, tanpa melalui rekening pemda seperti pencairan TPG guru PNS daerah.

Kemendikbud sudah menerbitkan SK perintah pencairan TPG bagi 62.161 guru non-PNS. ’’Pencairannya sudah selesai semua. Bahkan sudah dicairkan mulai akhir Maret lalu,’’ tandasnya. Dia berharap pencairan TPG untuk guru PNS bisa cepat seperti guru non-PNS. Dengan demikian, di lapangan tidak ada kecemburuan pencairan TPG antar guru.

Jadwal Pencairan/Pembayaran TPG (Tunjangan Profesi Guru) Tahun 2015 P2TK Dikdas :
 1. Triwulan I (periode pertama), Januari - Maret 2015, dibayarkan di awal April 2015.
 2. Triwulan II (periode kedua), April-Juni 2015, dibayarkan di awal Juli.
 3. Triwulan III (Periode ketiga), Juli - September 2015, dibayarkan awal Oktober 2015.
 4. Triwulan IV (Periode keempat), bulan Oktober - Desember 2015, dibayarkan pada awal Januari 2016.

Semoga saja di bulan Mei ini  Pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) 2015 bisa terealisasi di seluruh daerah.

Artikel Informasi Guru Terkini Lainnya :

4 komentar:

  1. Jadawal pencairan dana TPG Triwulan 3 awal Oktober,..tapi kenyataannya sampai saat ini tg.18 November belum juga ada kabarnya,..Beginilah cara kerja para Bpk.2 Pejabat Tinggi yg patut dicontoh dan menjadi suri tauladan bagi Pegawai kelas akar rumput,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl boeh tau bapak rekening ny ap pak, sy BRIn dan selalu telat, yg utk tw 3 rek lain tpt wktu, sdgkan yg BRI baru msk tgl 16 nov, nah yg tw 4 kira2 thn dpn kali msk nya, hadeeehhh

      Hapus
  2. Jangan iri ya dengan para Pejabat Tinggi Negara,..Pejabat Tinggi itu :
    -Wenang menyalahkan tidak wenang dipersalahkan,...
    -Wenang memukul tidak wenang dipukul,.....
    -Wenang menghukum tidak wenang dihukum,....
    Pokoknya bolehlah sewenang-wenang,...

    BalasHapus
  3. Yang rek.BRI selalu telat....!!!!

    BalasHapus

Copyright © 2013-2016 Informasi Guru Terkini | Google