Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tunjangan Guru TPP Triwulan I Siap Disalurkan Akhir Maret 2014

Tunjangan Guru TPP Triwulan I Siap Disalurkan Akhir Maret 2014 - Info terbaru tentang Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) 2014, Kemdikbud rencananya menjadwalkan akan membayar tunjangan guru untuk triwulan pertama tahun 2014 pada akhir bulan Maret 2014 ini. Pembayaran tunjangan guru akan dilakukan melalui mekanisme transfer daerah. Untuk pembayaran aneka tunjangan triwulan I tahun 2014 ini, Kemdikbud telah menyiapkan dana senilai Rp 741 milyar. Sedangkan jenis tunjangan yang akan disalurkan ada 3 jenis yaitu tunjangan profesi guru non PNS, tunjangan kualifikasi guru yang melanjutkan pendidikan ke S1, dan tunjangan guru daerah 3T (terluar, tertinggal, dan terpencil). Menurut keterangan yang disampaikan Mendikbud Mohammad Nuh, seluruh data saat ini sedang diverifikasi untuk memastikan guru penerima tunjangan memenuhi persyaratan, termasuk persyaratan minimal 24 jam mengajar 

Tunjangan Profesi Pendidik TPP 2014
Image Kemdikbud.go.id

 Di kesempatan terpisah, Direktur P2TK Dikdas, Sumarna Surapranata, ditemui saat jumpa pers di kantor Kemdikbud, Jakarta, (20/3/2014) menjelaskan bahwa hingga saat ini untuk guru tingkat PAUD, telah diterbitkan SK Penerima Tunjangan Khusus bagi 1.098 guru, SK Penerima Tunjangan Fungsional bagi 32.045 guru, dan SK Penerima Bantuan Kualifikasi Akademik bagi 2.589 guru. Untuk guru tingkat pendidikan dasar, telah diterbitkan SK Penerima Tunjangan Khusus bagi 53.038 guru, SK Penerima Tunjangan Fungsional bagi 119.832 guru, dan SK Penerima Bantuan Kualifikasi Akademik bagi 35.079 guru. Sedangkan bagi guru tingkat pendidikan menengah , telah diterbitkan SK Penerima Tunjangan Khusus bagi 6.198 guru, SK Penerima Tunjangan Fungsional bagi 31.575 guru, dan SK Penerima Bantuan Kualifikasi Akademik bagi 1.918 guru.

Dari keseluruhan data guru penerima aneka tunjangan tersebut, ditambah data guru penerima tunjangan profesi, jumlah tunjangan yang harus dibayarkan Kemdikbud pada triwulan I tahun 2014 mencapai Rp741 miliar. Besaran tunjangan tersebut mencapai persentase tinggi, yaitu 80% dari total target pembayaran tunjangan guru triwulan I.

Seperti halnya tunjangan profesi guru, penerbitan Surat Keputusan (SK) Aneka Tunjangan Guru tahun 2014 juga menjadi dasar pencairan tunjangan yang didasarkan pada data dalam data pokok pendidikan (dapodik). Validasi data menjadi hal penting dalam penerbitan SK Aneka Tunjangan. Guru yang datanya belum valid harus melakukan verifikasi data secara daring (online) di laman Layanan INFO PTK.

Setelah sekolah mengirimkan data guru melalui aplikasi dapodik ke server pusat, maka guru dapat melihat status kebenaran data di Layanan INFO PTK yang berbasis website dengan alamat : http://223.27.144.195:8083 dan melakukan verifikasi data jika terdapat kekurangan atau kesalahan. Hal ini hanya bisa dilakukan sebelum penerbitan SK Tunjangan. Setelah melakukan verifikasi data, guru bisa mengecek status penerbitan SK Tunjangannya di website dengan alamat : http://223.27.144.195:8000.


2 komentar untuk "Tunjangan Guru TPP Triwulan I Siap Disalurkan Akhir Maret 2014"

  1. Tunjangan didapat..kinerja meningkat..prestasi siswa terangkat..
    sukses slalu untuk guru indonesia..
    wassalam.

    BalasHapus
  2. Bagaimana sengan nasib kami . dengan hormat tolong solusinya pak.
    kami dari sdn.173501 napahorsik kec.Tarabintang kab.humbang Hasundutan . Propinsi sumatera utara. ketiga tunjangan diatas dimiliki sekolah kami. hanya keterlambatan beckup BSD dapodiksekolah kami .karena sekolah kami yang terisolir. aliran listrik yang tak jelas dan juga singnal seluler yang tidak ada . mohon perhatianya

    BalasHapus